Padang Jadi Kota Pelatihan Nasional Duta Damai 2017

Konco Damai-Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyelenggarakan Pelatihan Duta Damai Dunia Maya 2017 di Premier Basko Hotel Padang.  Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, dari Senin (7/8/2017) sampai Kamis (10/8/2017).

Terhitung 60 peserta ikut serta dalam pelatihan ini. Peserta berasal dari berbagai instansi di wilayah Sumatera Barat, diantaranya, mahasiswa Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Bung Hatta, Universitas Ekasakti, Universitas Putra Indonesia-YPTK, Yayasan Alumni Fakultas PertanianUnand (AFTA), STKIP PGRI Sumbar, Politeknik Negeri Padang, STMIK Indonesia Padang, UIN Imam Bonjol, PramukaUnand, GP Ansor, Miko Kamal & Associates, dan LKP Time.

Pembukaan dihadiri langsung oleh Kepala BNPT Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH, Gubernur Sumbar, Prof. Dr. IrwanPrayitno, Psi, Msc, Deputi I BNPT Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir, Deputi III BNPT Irjen Pol. Drs. Hamidin, KapoldaSumbarIrjen Pol. Fahrizal, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, Inspektur BNPT Dr. Amrizal, MM beserta jajaran FKPT Sumbar.

“Mereka kelompok kecil, kita Negara besar. Jangan beri kesempatan. Kita ciptakan harmoni yang baik, kembangkan kreasi dan inovasi kalian untuk melawan propaganda terorisme dan radikalisme di dunia maya,” ungkap Komjen Suhardi Alius saat membuka pelatihan Duta Damai.

Gubernur Sumbar Prof. Dr. Irwan Prayitno, Psi, Msc menyambut gembira pelatihan duta damai dunia maya Padang ini. Sebagai orang nomor satu di ranah Minang, Irwan juga berjanji akan menjaga Indonesia Damai.

“Teroris itu musuh kita bersama.  Musuh umat manusia di dunia. Mari kita simak secara seksama, agar di medsos tidak merajalela. Karena itu, di medsos harus diramaikan oleh konten positif. Terorisme adalah perbuatan jahat, tidak bisa ditolerir, dan tak satupun agama yang membolehkan membunuh.

Teroris buat sengsara. Kita sebagai manusia itu pasti ingin hidup normal,” tutur Irwan dengan puitis. Terorisme kini tidak hanya beraksi di dunia nyata. Mereka sudah menyebarkan virus-virus radikalnya melalui dunia maya.

Itulah alasan kenapa pelatihan duta damai ini diselenggarakan. Generasi muda berkolaborasi dengan BNPT melakukankontranarasi di duniamayadengankonten-kontendamaidanpositif demi melawanterorisme.

Dalam pelatihan ini peserta dibekali dan difasilitasi mengembangkan ide-ide kreatif mereka melalui tiga bidang-yakni IT, Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Blogger – sesuai bidang yang mereka pilih pada saat pendaftaran menjadi duta damai.

Setelah mengikuti pelatihan duta damai ini, 60 pemuda Sumbar akan saling berkolaborasi bersama kelompok masing-masing untuk mengembangkan website dan media social yang isinya adalah informasi dan konten-konten positif yang sarat perdamaian.

Dengan ini, diharapkan terorisme di Indonesia yang telah merambah ke jagad maya itu tenggelam dalam banjir konten positif duta damai duniamaya.

 

 

Sintia Rikardo  || KoncoDutaDamai.id

Menyampaikan Pesan Layaknya Sahabat

Please follow and like us:

Post Author: konco

3 thoughts on “Padang Jadi Kota Pelatihan Nasional Duta Damai 2017

    Sintia Rikardo

    (10 Agustus, 2017 - 3:30 am)

    Nama penulisnya

      konco

      (11 Agustus, 2017 - 3:47 am)

      udah kok dibawah..

        Sintia Rikardo

        (11 Agustus, 2017 - 6:07 pm)

        Maksudnya nama penulisnya salah babang kece,
        Sintia bukan Sinta
        Rikardo bukan Ricardo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *